Balap Tikus; Rat-race

Dalam permainan aliran kas (cash-flow game); suatu permainan menuju kebebasan finansial (financial freedom) ada dua jalur balapan; balapan dengan sesama pemain, juga balapan dengan waktu.

Pertama, jalur cepat; fast track. Sebuah jalur yang diinginkan oleh semua pemain, tergantung apa tujuan mereka. Jalur ini adalah jalur menuju suatu keadaan di mana pendapatan pasif, pasive income baik melalui bisnis, properti ataupun “paper assets“) melampaui kebutuhan konsumsi; Jalur ini akan tembus jika pendapatan pasif lebih besar dari 3 kali kebutuhan pengeluaran konsumsi bulanan. Jalur ini sepertinya masih sangat jauh bagi saya. Saat ini sebagian besar kebutuhan konsumsi masih dipenuhi oleh penghasilan aktif. Bahkan sampe “ngalong”; lembur lewat magrib; untung gak lewat tengah malam. Saya masih sangat sangat jauhlah. Sementara usia sudah berada di kuadran keempat; kuadran akhir.

Yang kedua, jalur balap tikus; rat race. Suatu keadaan morat-marit; gali lobang, tutup lobang. Memang sih sudah mulai ada pendapatan pasif. Tapi masih bisnis (usaha) kecil-kecil. Sudah masuk kategori bisnis karena sudah tidak tidak terlibat secara aktif. Yang penting, tiap dua minggu ada uang cash yang masuk. Juga, ada kontrakan dan ada kios yang disewakan. Sepertinya perlu ada bisnis lain, yang tetep pasif dalam hal pengelolaan. Dari pengalaman membangun kontrakan, membangun rumah Indra, membangun rumah Bapak, membangun rumah Wawang; sampe membangun rumah untuk dijual lagi agaknya sudah ada akumulasi pengalaman sehingga bisnis ini bisa lebih agresif.

Hasil penjualan rumah pertama, dibelikan tanah 145m di Jl KHA Dahlan dan 100m di Tirtajaya (deket Kota Kembang). Sementara tanah yang di Jl. KHA Dahlan diminta Indra untuk membangun rumah keduanya, (janjinya tukar dengan rumah yang sekarang ditempatinya di Jl KHA Dahlan-3), tanah yang di Tirtajaya belum akan di”utak-atik” dulu. Nunggu setahun-dua deh. Di jln KHA Dahlan-3 juga ada lahan seluas 130m yang siap dipasarkan, satu paket dengan rumah berukuran 60-70m. Pencarian lahan-lahan kecil, 100 sampe 250 dibagi 3 (maksud saya mulai dari 80m, 90m, 100m dan mungkin paling besar 120an; lebih dari 160 bisa dibagi dua) sudah dimulai. Dua minggu lalu sudah deal, sudah transaksi lahan di jln menuju Kompleks Perumahan Grya Insani Tanah Baru seluas 100m. Sementara masih menunggu selesainya balik nama sertifikat, penawaran sudah dimulai.Gambar sedang disiapkan.

Hari minggu yang lalu, bersama Lukman, jalan-jalan ke Kalimulya dan Tirtajaya untuk survei beberapa lokasi yang ditawarkan. Sepertinya tidak ada satupun yang cocok; soalnya baru tiga lokasi yang dilihat padahal menurut Dolf de Ross perlu lihat 100 lokasi, pilih 10 dan ajukan penawaran ke 3 lokasi untuk deal satu saja. Perjalanan lanjut ke Tanah Baru. Ada town-house yang terbengkalai proyeknya; maksudnya gak berlanjut. Ada penawaran lahan berukuran 90m diapit oleh dua rumah berukuran sama yang sudah dihuni. Ini sepertinya menarik karena semua sarana sudah siap. Juga ada lahan bagus sekali sarananya dengan luas 400m. Lukman, patner saya sudah mencari informasi. Katanya ada masalah antara developer dengan pemilik tanah sehingga lahan 400m ditawarkan untuk ditake-over. Arena balap tikus, masih belum punya solusi. Rumah Indra belum selesai. Rumah yang mau dijual juga masih belum ada tindaklanjut. Semoga dalam beberapa hari ini ada jalan keluar. Saya butuh 600jt-an untuk take-over lahan di dalam komplek tersebut; mungkin 100 jtan untuk bangunan rumahnya. Oh…

Saya mau tawarkan rumah dengan luas tanah 130m dan bangunan silahkan saja berapa maunya. Idealnya sekitar 60 atau 70m. Bisa juga bangunan berlantai 2 dengan luas 100m, bayangan saya seperti yang digambar berikut.


Hubungi saya kalo berminat.
Sementara itu, Lukman sedang menyiapkan gambar untuk tanah di Tanah Baru dengan ukuran 100m dan bangunan 45m atau sampe 50m juga boleh. Di sekitar lokasi, di Tanah Baru maksud saya, banyak sekali kompleks perumahan; dengan 80/38 ditawarkan Rp. 425juta. Kalo Anda punya pagu Rp. 350jt-an kita bisa bersilaturahmi deh. Sementara itu, di lokasi lain kami tawarkan bangunan 80/40; dalam komples tow-house; sarana/prasaran sudah siap. Lingkungan aman. Bayangan saya bentuk bangunannya bisa seperti berikut:

Oke deh sementara arena balap tikus masih berlangsung…Saya tunggu Anda..Get out of the rat-race…..

One thought on “Balap Tikus; Rat-race

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s