Investasi dan Trading Emas atau Perak

Diskusi di kelas kemarin, memunculkan topik tentang investasi pada logam mulia. Berikut copy-paste dari sumber yang relevan, mudah-mudah bisa menambah wawasan dan menjadikan insprirasi:

Tahukah anda bahwa investasi Emas dan Perak memiliki suatu prospek yang sangat bagus. Gainscope.com menawarkan kepada anda suatu peluang untuk memanfaatkan situasi tersebut dengan bertrading di instrumen Emas dan Perak tersebut – Trading Gold , Trading Silver (Dengan kodenya XAU/USD dan XAG/USD ).

Bertrading dengan broker kredibel yang legal dan teregulasi oleh pemerintah melalui CFTC, NFA dan MFSA dapat memberikan anda suatu jaminan keamanan bagi penempatan dana anda termasuk dengan kelancaran penarikan keuntungan (profit) yang didapat, berapapun jumlahnya. Dan TANPA terdapat unsur manipulasi trading ataupun intervensi “bandar”.

Perencanaan investasi di bidang Emas ataupun Perak (atau trading gold dan silver) sangat menjanjikan untuk jangka panjang, terutama untuk instrument Perak (XAG) yang berpeluang naik lebih kencang di kedepannya.

(lihat perbandingan grafik di bawah ini)
Perbandingan lonjakan harga Emas dan Perak dalam kurun waktu 5 Tahun

Emas vs Perak dalam 5 tahun

Perbandingan lonjakan harga Emas dan Perak dalam kurun waktu 1 tahun
Emas dan Perak dalam 1 Tahun

Sumber : Google Finance – ETF

Dengan perbandingan tersebut dapat terlihat bahwa dalam kurun 5 tahun yang lalu Emas memang bergerak lebih baik daripada Perak, tetapi dalam 1 tahun terakhir Perak atau Silver bergerak lebih kencang dan menghasilkan Gain atau kenaikan hingga 118% per tahun atau sekitar 10% per bulannya.

Gainscope menyediakan kepada anda sarana dan fasilitas untuk bertrading di kedua instrumen tersebut (trading emas dan perak), dengan fitur yang menguntungkan sebagai berikut:

1. Modal awal yang kecil untuk memulainya, yaitu $250
2. Tanpa Komisi
3. Tersedia account micro, mini, regular. (Emas micro, Emas mini hingga Regular)
4. Volume lot mulai 0.01 (fleksibel lot)
5. Persentase Kontrak Leverage hingga 0.25% (1:400). by request
6. Nilai per point untuk Emas dimulai dari USD $0.01 , Perak USD $0.1
7. Anda dapat membeli emas dan perak tersebut meski hanya dengan margin kurang dari $5 saja (0.01 lot)
8. Nilai Kontrak (Contract Size) yang lebih menguntungkan*. Yaitu Emas adalah 100 , Perak adalah 1000
9. Tersedia account dengan Bebas biaya menginap (Swap Free account). by request
10. Spread emas dan perak yang rendah dan kompetitif
11. Peluang di 2 arah pergerakan order (naik dan turun, atau Buy dan Sell)
12. Tanpa batasan atau limitasi
13. Boleh menggunakan Robot atau Trading Otomatis
14. Bisa menggunakan fitur Trailing Stops
15. Memperbolehkan untuk Hedging
16. Tanpa Intervensi dealer
17. Segregated Account
18. Penempatan dana di Bank JP Morgan Chase – Amerika Serikat (salah satu bank terbesar di dunia)
19. Trading secara Online dan Realtime
20. Tersedia online support melalui team CS kami
21. Bebas dari Resiko pencurian uang, karena kami menolak transfer dana dengan pihak ke 3/perantara, serta Tanpa e-currency berjenis offshore seperti Liberty Reserve dan sejenisnya
22. Jaminan keamanan untuk penempatan dana di broker yang teregulasi oleh pemerintah Amerika Serikat melalui CFTC.gov

*Penjelasan mengenai nilai kontrak : Nilai Kontrak 100 yaitu berarti dengan bermodal margin sekitar $370 (1 lot) di Gainscope, maka anda sudah dapat membeli emas SETARA dengan 3.1 kg emas batangan.
Nilai keuntungannya pun juga sama besarnya, tetapi dengan bermodal lebih kecil, karena di Gainscope menggunakan sistem Margin (atau = bayar Uang Muka saja (%leverage)).

(Perhitungan margin diatas dengan asumsi harga emas pada saat itu $1480/troy ounce. Leverage 1:400)
1 troy ounce = sekitar 31.1 gram

Rumus Perhitungan untuk Trading Emas (Gold)
Margin yang digunakan = harga kurs emas saat itu X volume lot X 100 X %leverage
Contoh: 1400 x 0.01 x 100 x 0.5% = $7
0.01 lot emas (gold) bernilai $0.01 per pointnya
Rumus Perhitungan untuk Trading Perak (Silver)
Margin yang digunakan = harga kurs perak saat itu X volume lot X 1000 X %leverage
Contoh: 40 x 0.01 x 1000 x 0.5% = $2
0.01 lot perak (silver) bernilai $0.1 per pointnya
Persentase Leverage
1:50 = 2%
1:100 = 1%
1:200 = 0.5% (Default standardnya)
1:400 = 0.25%

Mengapa Emas dan Perak ?
Karena Emas dan Perak merupakan salah satu logam mulia yang unik dan digunakan di berbagai keperluan pokok umat manusia, seperti sebagai cadangan devisa suatu negara, penunjang suatu nilai mata uang, perhiasan, pengganti uang, untuk keperluan industri, dan lain-lain. Disamping itu dipengaruhi juga dengan ketersediaan emas dan perak yang terbatas, dan tingkat kestabilan politik yang seringkali juga mempengaruhi pergerakan logam tersebut. Sehingga emas dan perak sangat cocok dijadikan suatu pilihan investasi yang patut dilirik untuk jangka panjang dan aman.

About these ads

4 thoughts on “Investasi dan Trading Emas atau Perak

  1. HARGA EMAS MULAI MENGGELIAT

    JAKARTA. Emas kembali menggeliat setelah dua hari mengalami koreksi. Para pemodal kembali membeli emas setelah harga emas sempat turun ke level terendah dalam tiga bulan terakhir pada Senin (15/10).

    Harga emas untuk pengiriman Desember 2012 di bursa Comex, Selasa (16/10) pukul 16.00 WIB, naik tipis 0,18% menjadi US$ 1.740,80 per ons troi dibandingkan sehari sebelumnya. Namun jika dihitung dalam sepekan, emas telah rontok 1,18%.

    Ariston Tjendra, Head of Research and Analysis PT Monex Investindo Futures, menuturkan, harga emas, pekan ini, cenderung rebound, namun dalam kisaran yang sempit. Konferensi Tingkat Tinggi Uni Eropa, pada 18-19 Oktober, yang membahas solusi krisis, akan menjadi penentu arah harga emas.

    Di sisi lain, perlambatan ekonomi global bisa penjegal penguatan harga emas. Penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global oleh International Monetery Fund (IMF) dan World Bank memberikan sentimen negatif bagi pergerakan harga emas.
    Selain itu, penguatan dollar AS, akibat membaiknya data-data ekonomi, seperti penjualan ritel, turut menyumbang sentimen negatif bagi emas.

    Menguat terbatas

    Data ekonomi yang patut diperhatikan para pemain emas adalah survei ekonomi Jerman yang dilakukan oleh lembaga survei asal Jerman, Center for European Economic Research (ZEW), serta data inflasi dari Inggris dan Amerika Serikat (AS). Jika data Jerman dan Inggris itu membaik, penguatan harga emas bisa bertahan.

    Dua indikator teknikal, relative strength index (RSI) dan moving average convergence divergence (MACD) menunjukkan sinyal penurunan harga emas. Namun stochastic memperlihatkan sinyal emas sudah mulai membentuk bottom-support. Harga emas juga telah berada di bawah moving average 50, 100 dan 200 hari. Artinya, emas berada di bawah bayang-bayang koreksi.

    Ibrahim, Analis Senior Harvest International Futures, menambahkan, harga emas saat ini berusaha merangkak naik pasca koreksi cukup dalam pada pekan lalu. Per Jumat (12/10), emas ditutup terpangkas 0,61% menjadi US$1.759,70 per ons troi.

    Adapun faktor yang yang mampu mengangkat emas dalam waktu dekat adalah kepastian Spanyol meminta bailout. Saat ini, konsentrasi pemerintah Spanyol terpecah menjelang pemilihan parlemen yang akan berlangsung pada 21 Oktober 2012. Namun, setelah itu Spanyol berpotensi meminta bailout kepada Uni Eropa dan IMF.

    Pengajuan resmi bailout Spanyol ini akan memberikan sentimen positif dan menopang harga emas. Hari ini, Ibrahim memprediksi emas naik terbatas dengan support US$ 1.730,15 dan resistance US$ 1.750,55 per ons troi. Hitungan Ariston, emas akan bergerak kisaran US$ 1.727 hingga US$ 1.752 per ons troi.

  2. Ass. Memang investasi dan trading emas dan perak cukup menjanjikan namun investasi ini memerlukan modal yang cukup mahal dan mudah ter koreksi oleh suhu politik dsbnya serta merupakan investasi jangka panjang.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s